Kopi merupakan salah satu komoditas dalam sub sektor perkebunan yang memiliki peran cukup penting dalam kegiatan ekonomi nasional, hal ini dikarenakan kopi memiliki peluang pasar yang besar baik di pasar domestik maupun di pasar luar negeri. 

Konsumsi kopi masyarakat dunia meningkat dari tahun ke tahun sehingga permintaan akan kopi terus mengalami peningkatan dan hal ini berdampak pada meningkatnya peluang ekspor kopi ke negara-negara pengkonsumsi kopi.

Produksi kopi sebagian besar dilakukan oleh Perkebunan Rakyat, salah satunya Kelompok Tani Silih Asih bergerak di bidang perkebunan kopi arabika dan robusta di daerah Megamendung, Kabupaten Bogor.

Ketua Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Zainur Hidayah,  mengatakan minuman dengan rasa pahit ini sering dimaknai dengan hal-hal filosofis baik tentang kehidupan, cinta, rindu, sampai patah hati. 

Menurutnya, setiap orang tentunya memiliki berbagai filosofi tersendiri akan kopi yang diminumnya, begitu pula dengan suasana yang dia rasakan saat meminum kopi. 

“Jangan terburu-buru dalam menjalani sesuatu nikmati saja apa yang ada, seperti halnya meminum kopi,” ujarnya. 

Menurutnya, animo masyarakat semakin meningkat dengan perpaduan ragam rasa kopi, untuk itu kami tertarik menulis tentang bagaimana peluang usaha kopi dari petani Kopi Silih Asih megamendung dalam meningkatkan kualitasnya sehingga dapat diterima di dalam dan luar negeri. 

Kata dia, poin penting dari kegiatan pengabdian tersebut adalah hasil kesepakatan dan kerja sama dengan mitra yaitu petani Kopi Silih Asih yang merupakan komunitas petani kopi dengan tujuan dan target Kelompok Tani Silih Asih dapat melakukan inovasi.

Salah satunya, dengan memproses kopi dalam berbagai varian rasa melalui berbagai proses dan metode pengolahan kopi seperti metode pengolahan natural, honey, full wash dan semi wash serta wine. 

Selain itu, Kelompok Tani Silih Asih diharapkan dapat menjadi lebih mandiri dan melebarkan sistem pemasaran dan meningkatkan skala usahanya dengan membuka kedai dan galeri kopi yang bertempat di daerah Megamendung, Bogor.     

Tim Dosen Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Terbuka melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Peningkatan Kualiats dan Strategi Pengembangan Usaha Kelompok Tani Kopi SIlih Asih Megamendung, Bogor, pada Skema Dosen berdasarkan kontrak kegiatan Nomor B/517/UN31.LPPM/PM.01.01/2022. Terdiri dari, Dr. Zainur Hidayah, Dr. Julia Safitri, Dr. Ira Geraldina, dan Dr. E. Andriyansah. 

Sementara itu, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Terbuka, Dr. E. Andriyansah mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas Kerjasama dengan Kelompok Petani Kopi silih Asih yang beralamat di Megamendung, Bogor yang merupakan Mitra Kerja untuk kegiatan ini. 

Selanjutnya, Penggagas Ide, Dr Julia Safitri menambahkan kegiatan  pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan sudah  berlangsung pada tanggal 29 Juli 2022 lalu dengan materi pelatihan peningkatan kualitas kopi dan pemasaran produk. 

Pada bagian lain, Penanggung Jawab Publikasi Dr. Ira Geraldina, mengungkapkan menuturkan ntuk mensosialisasikan ketercapaian hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat Tim Pengadian kepada masyarakat memanfaatkan momen Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang diselengarakan oleh Lembaga Penelitiian dan Pengbadian kepada Masyarakat (LPPM) 25 Oktober 2022 berlokasi di Gedung Serba Guna Universitas Terbuka. (rls)

Peningkatan Kualitas dan Strategi Pengembangan Usaha Kelompok Tani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *